Islam Agama Keamanan



Member Bloger :

Selasa, 19 Januari 2010

Adakah Bulan Dan Bintang Simbol Islam ?



Kenapa Islam menggunakan simbol bulan dan bintang? Mungkin anda sering melihat simbol bulan dan bintang di mesjid-mesjid yang tidak lain merupakan tempat beribadah umat Islam. Atau di bendera-bendera partai yang mengaku berasaskan Islam. Atau di bendera negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam seperti Turki, Aljazair, dan sebagainya. Akibat dari hal ini, banyak yang mengidentikkan simbol bulan dan bintang sebagai simbol untuk agama Islam.


Padahal sebenarnya, Islam tidak pernah mempunyai keterkaitan dengan simbol apapun, termasuk simbol bulan dan bintang seperti yang ditafsirkan banyak orang. Simbol bulan dan bintang sendiri pada awalnya digunakan oleh Kesultanan Turki Utsmani kira-kira pada abad ke-10 Masehi sebagai simbol resmi kesultanan. Jadi simbol ini berawal dari tujuan politik, tidak menyangkut terhadap Islam.


Bulan melambangkan wilayah kekuasaan Turki Utsmani. Ujung atas bulan melambangkan wilayah Turki Utsmani yaitu sebagian Asia. Bagian tengah bulan melambangkan wilayah Turki Utsmani yang berada di kawasan benua Eropa. Sedangkan ujung bawah bulan melambangkan benua Afrika. Lalu bintang yang terletak di tengah bulan melambangkan ibukota kesultanan Turki Utsmani yaitu Istambul karena letaknya kira-kira memang diantara tiga benua tersebut.


Namun sayangnya, simbol ini telah dianggap masyarakat luas sebagai simbol untuk agama Islam. Hal ini terbukti dengan dipasangnya simbol bulan dan bintang di puncak banyak masjid. Bahkan ada pula yang mengkaitkan simbol bulan dan bintang pada masjid ini dengan berbagai hal yang buruk. Ini tentu nantinya mendatangkan bid’ah dan fitnah yang kejam dari orang-orang kafir dan orang lainnya yang ingin menjerumuskan Islam. Anda dapat melihat salah satu contoh hal itu disini.



Sebaiknya, jika anda menggunakan simbol bulan dan bintang, jangan jadikan sebagai simbol agama. Misalnya dengan meletakkannya di puncak mesjid. Jadikanlah sebagai simbol politik Islam saja.
wALLAHu a'lam..


Tiada ulasan: